Monitoring Inovasi Madrasah di MTs Negeri 2 Pringsewu oleh Pusdiklat Kemenag RI

Diterbitkan oleh MTSN 2 Pringsewu Pada 22 Okt 2021, 00:04:24 WIBInformasi
Monitoring Inovasi Madrasah di MTs Negeri 2 Pringsewu oleh Pusdiklat Kemenag RI

Gambar : https://www.instagram.com/p/CVTDi49Ba1v/?utm_medium=copy_link


Sukamulya, Kamis 21 Oktober 2021 -- MTs Negeri 2 Pringsewu menerima kunjungan dari Team pendampingan dan Monitoring Implementasi yaitu Bpk. Drs. H. Aden Daenuri, E. Md. dan Ibu Ervy Alinda Lubis, S.Psi, M.M. dari Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Tahun 2021. 

Dimana sebelumnya MTs N 2 Pringsewu telah mengirim lima orang sebagai peserta pelatihan, diantaranya satu kepala madrasah, satu pengawas madrasah dan tiga guru madrasah yang menjadi peserta pelatihan Inovasi Madrasah yang dilaksanakan di Hotel Horison Bandar Lampung. Sehingga kunjungan ini merupakan Monitoring dan evaluasi kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan pada tanggal 30 september sd. 04 Oktober 2021.

Sebelum memasuki ruangan, TIM Pelaksanaan pendampingan dan monitoring disambut dengan iringan musik gamolan yang dimainkan oleh siswi kelas unggulan dan diberikan kain tapis khas Lampung oleh siswi MTs N 2 Pringsewu untuk dikenakan kepada Tamu (Bpk. Aden dan Ibu Ervy).

Acara kegiatan dibuka langsung oleh Ibu Tina Marlinda, S.Ag., M.Pd.I. selaku Ka. MTs N 2 Pringsewu di ruangan madrasah. Dalam Sambutannya, Beliau memperkenalkan anggota yang ada diruangan, dilanjutkan dengan menjelaskan tentang program inovasi madrasah dari gamolan, tahfidz, tilawah, kaligrafi, panahan, KSM, SBSN hingga program inovasi lainnya.

Dalam kesempatan ini, Drs. H. Aden Daenuri, M.Ed, menjelaskan tentang mekanisme keberhasilan pelatihan, yaitu sebelum dan sesudah test untuk melihat kebermanfaatan. Bpk. Aden juga mengenalkan Inovasi model baru dari badan Litbang kepada anggota yang hadir dan dilanjutkan dengan pengembangan serta tujuan inovasi madrasah yang diberikan dapat terus ditingkatkan.

Beliau juga menambahkan untuk Inovasi adalah sesuatu hal yang dicapai sendiri, dalam arti program inovasi yang sudah ada di madrasah harus ditingkatkan sedangkan untuk program inovasi yang belum ada perlu dilakukan pengembangan hingga dalam jangka panjang sehingga dapat memberikan suatu perubahan yang baik terutama untuk madrasah.

Acara dilanjutkan oleh Bpk. Ahmad Wahyudi, S.Pd, Beliau mempresentasikan hasil pelatihan inovasi menggunakan proyektor berupa hasil laporan program yang telah dikembangkan di madrasah kepada TIM Inovasi dan seluruh anggota yang hadir. Seusai presentasi, Ibu Mira Sukmawati, S.Pd selaku guru madrasah memberikan apresiasi yang positif tentang program yang sedang berjalan dan yang akan berjalan di madrasah nantinya.

Setelah acara kegiatan ditutup, TIM Inovasi madrasah yang didampingi oleh Ibu Tina dan seluruh anggota pun meninjau kegiatan yang ada di MTs N 2 Pringsewu, dari Latihan Kaligrafi, Panahan, hingga Tahfidz. Bpk. Aden dan Ibu Ervy terlihat bersemangat memotivasi kegiatan siswa-siswi yang sedang berlatih, dan dilanjutkan dengan mengunjungi pembangunan gedung asrama (SBSN).

Di penghujung acara kegiatan, TIM Inovasi Madrasah memberi penguatan serta mengharapkan, dengan adanya inovasi madrasah yang dilakukan dapat memacu semangat Bapak/Ibu Guru dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas seluruh program yang ada di MTs N 2 Pringsewu. Ibu Tina selaku Ka. Madrasah pun mengucapkan banyak terimakasih kepada Tamu, dan seluruh anggota yang hadir. Semoga MTs N 2 Pringsewu dapat menjadi Madrasah Mandiri dan Berprestasi dalam sesuai dengan slogan Kementerian Agama, "Ujarnya" (AN)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment