Kuatkan Kompetensi Kepala MTs N 2 Pringsewu Ikuti Pelatihan Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah

Diterbitkan oleh MTSN 2 Pringsewu Pada 29 Okt 2021, 22:11:59 WIBInformasi
Kuatkan Kompetensi Kepala MTs N 2 Pringsewu Ikuti Pelatihan Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah

Gambar : https://www.facebook.com/100064076973088/posts/246131897532708/?app=fbl


Sukamulya, MTs Negeri 2 Pringsewu (Humas) --  Dalam rangka melaksanakan proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministy of Religious Affairs for Improved Quality of  Educatoin (Madrasah Educatoin Quality Reform), Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Ciputat, Tangerang Selatan  menyelenggarakan Pelatihan Kepala Madrasah Angkatan I.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 40 Kepala Madrasah yang berasal dari lima provinsi yakni Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat dan diselenggarakan dari tanggal 28 Oktober sampai dengan 2 November 2021 di Hotel Vega Serpong, Banten.

Adapun yang menjadi pesertanya adalah kepala madrasah negeri yang sedang menduduki jabatan pada MIN/MTs N/MAN. Peserta diutamakan Kepala Madrasah yang belum memiliki sertifikat pelatihan calon kepala madrasah atau penguatan kompetensi Kepala Madrasah, ataupun Kepala Madrasah yang sudah memiliki sertifikat tersebut namun belum mengikuti pelatihan Kepala Madrasah kembali dalam kurun waktu empat tahun terakhir.

Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah, mengamanatkan bahwa kepala sekolah merupakan pimpinan tertinggi di sekolah wajib memiliki lima dimensi kompetensi, yaitu dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. sedangkan menurut Surat Edaran Direktorat Pendidikan Islam No. 845/2018 bahwa jabatan Kepala Madrasah bukan lagi sebagai tugas tambahan tetapi guru yang diberi tugas untuk memimpin dan memanage madrasah mulai tingkat RA sampai MA.

Kepala MTs N 2 Pringsewu Tina Marlinda, S.Ag., M.Pd.I. saat dihubungi via WA menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah memberikan penguatan kompetensi kepala madrasah agar dapat melaksanakan tugas sesuai dengan yang diberikan, yaitu memimpin, mengelola madrasah, menguasai seluruh kompetensi yang dipersyaratkan sebagai kepala madrash dalam menjalankan tugasnya, menumbuh kembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan pada dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial, memiliki performa sebagai kepala madrasah yang profesional bagi seluruh warga madrasah, menjadi contoh ketangguhan, optimisme, dan kreatifitas bagi seluruh warga madrasah di satuan pendidikan yang dipimpinnya.

Lebih lanjut Kepala MTs N 2 Pringsewu juga menyampaikan bahwa kompetensi kepala madrasah harus ditingkatkan melalui diklat penguatan kepala madrasah. Kepala madrasah dituntut memiliki penguasaan kompetensi yang tinggi.Karena itu, katanya, peserta seharusnya mengikuti diklat dengan perhatian serius karena menentukan ketuntasan pencapaian tujuan diklat sehingga para peserta bisa dinyatakan lulus dan memenuhi kriteria pencapain yang telah ditetapkan oleh panitia. Maka peserta berhak memiliki sertifikat yang dikeluarkan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Ciputat serta akan menjadi legitimasi mereka sebagai kepala Madrasah.

Artikel serupa klik: DISINI




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment